Minggu, Oktober 04, 2009

Permintaan tenaga kerja

Sebagai penerapan materi permintaan tenaga kerja yang menggunakan pendekatan koefisien elastisitas kesempatan kerja sebagai basis prediksi permintaan tenaga kerja dari tahun dasar ke tahun berikutnya, sering dipergunakan cara atau metode elastisitas (employment elasticity). Caranya, para perencana terlebih dulu mempersiapkan :
1. Data Produk Domestik Bruto atau Produk Domestik Regional Bruto runtun waktu terdiri dari sembilan sektor lapangan kegiatan ekonomi (PDB/PDRB atas dasar harga konstan).
2. Data Jumlah kesempatan kerja persektor lapangan kegiatan ekonomi runtun waktu yang sama dengan data PDB/PDRB.
3. Hitung koefisien elastisitas kesempatan kerja per sektor dan total (lihat modul ESDM).
4. Tentukan skenario : moderat, optimis maupun pesimis berdasarkan argumentasi ilmiah berdasarkan kecenderungan data daerah dan kemungkinan perkembangannya.
5. Hitung permintaan tenaga kerja persektor maupun total berdasarkan rumus pertumbuhan geometris maupun eksponensial.
6. Berikan kesimpulan dari hasil prediksi tersebut.

Cara lain untuk memprediksi permintaan tenaga kerja, dapat pula digunakan Simple-E model yang programnya sekarang bisa dicopy di Pusikom maupun pengajar ESDM pada umumnya, disamping prediksi sesuai uraian pada modul ESDM bisa dipakai dan dicoba untuk menghitung permintaan tenaga kerja sebagai derivasi pertumbuhan output pada suatu industri maupun skala nasional. Hasil analisi tersebut dapat dipakai sebagai referensi kebijakan ketenagakerjaan. Selamat mencoba !

Berikutnya, dengan data PDB/PDRB (atas dasar harga berlaku) dan jumlah kesempatan kerja persektor kegiatan ekonomi, mahasiswa dapat menganalisis peta tipologi wilayah berdasarkan kontribusi dibandingkan dengan tingkat nasional. Panduan tentang penentuan tipologi wilayah dapat diakses melalui kuliah ESDM maupun Pusikom FE UNS. Dengan ditentukannya tipologi wilayah, maka dapat direncanakan penerncanaan investasi maupun perencanaan tenaga kerja berdasarkan sektor dominan yang ada di wilayah tersebut. Selamat mencoba !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar