Rabu, Februari 16, 2011

EKONOMI KEPENDUDUKAN

Ekonomi Kependudukan adalah Ilmu yang mengaitkan antara variabel ekonomi dengan variabel demografi. Demografi adalah Ilmu yang mempelajari secara statistik & matematik ttg besar, komposisi dan distribusi penduduk & perubahan-perubahannya sepanjang masa melalui lima komponen yaitu kelahiran, kematian, perkawinan, migrasi dan mobilitas sosial. Sedangkan, Studi Kependudukan: Ilmu yang mempelajari tentang kaitan antara variabel demografi dengan variabel non demografi ( Hardiani, 2011).

Beberapa pokok bahasan diantaranya adalah : (1) Sejarah perkembangan penduduk dan Transisi demografi; (2) Penduduk dan Pembangunan ekonomi; (3) Konsep dasar ekonomi kependudukan; (4) Fertilitas dan Pembangunan; (5) Mortalitas dan pembangunan; (6) Migrasi penduduk hubungannya dengan pembangunan ekonomi; (7) Indikator kualitas penduduk; dan (8) Isu-Isu kependudukan masa sekarang dan yang akan datang.

Sebagai referensi bahan bacaan, para mahasiswa diminta membaca di Jurnal elektronik seperti : Mletiko, ProQuest terutama yang berhubungan dengan population economics, maupun terbitan seperti halnya : Warta Demografi LDFE-UI, Population LDFE-UI berbagai edisi disamping kliping Demografi, mupun buku teks tentang ekonomi kependudukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar